Sepenggal cerita dari perjalanan menelusuri 'JALUR EVAKUASI LAPAR'.......

18 Maret 2009

"Sensasi Kepiting Anyar Khas Medan"



Bagi para penggemar seafood, kepiting adalah salah satu menu yang paling banyak diminati.. Dari seekor kepiting bisa diolah menjadi berbagai menu dan bumbu masakan yang sangat bervariasi. Dan tentunya akan sangat mengundang selera..

Jika kebanyakan di beberapa tempat makan, sebelum diolah kepiting telah lebih dulu direbus, tapi hal ini sangat berbeda dengan tempat makan Special Kepiting Anyar khas Medan. Semua kepiting yang akan diolah adalah kepiting yang masih ‘anyar’ atau masih segar. Sehingga daging hasil olahannya lebih fresh dan memiliki rasa yang berbeda dibanding kebanyakan rumah makan yang lain.



Di salah satu kaki lima ini, para penggemar sea food bisa memilih sendiri kepiting yang akan dimasak. Dan dengan sabar para karyawan dari Special Kepiting Anyar Medan, akan memberikan tips dari karakter kepiting yang bagus. Tak jarang karena hal ini banyak para penggemar kepiting yang bahkan notabenenya sangat paham akan karakter kepiting yang enak, memilih tempat makan ini. Menurut pemilik yang asli Medan ini, jenis kepiting ada tiga. Yaitu kepiting jantan, kepiting betina dan kepiting banci. Untuk mengetahui karakter ketiga kepiting ini bisa dilihat dari bentuk motif yang ada dikulit perut b agian bawah. Kepiting jantan bentuk motifnya menyerupai segi tiga dan ukuran motifnya lebih kecil dibanding kepiting betina, tetapi ukuran capitnya lebih besar. Untuk kepiting betina motif dibawah p erutnya lebih besar dan ukuran capitnya lebih kecil. Bagaimana dengan yang banci…?? Untuk kepiting banci biasanya motif dibawah perut berbentuk setengah lingkaran dan bentuknya lebih kecil dari jenis betina.



Apa kelebihan dari ketiga karakter kepiting ini..?? Bagi para penggemar daging kepiting biasanya akan memilih kepiting Jantan dengan ukuran capit yang lebih besar. Karena karakter dagingnya lebih banyak terlebih pada bagian capitnya. Sedangkan untuk kepiting betina, meskipun ukuran capitnya lebih kecil tetapi dipilih orang karena pada bagian tubuhnya lebih gendut. Dan hanya pada jenis betina yang mengandung telur serta banyak kandungan proteinnya. Untuk mengetahui ada atau tidaknya telur, biasanya kepiting yang terdapat telur diperutnya, memiliki ukuran lebih gemuk dan motif dibawah perut lebih lebar. Jika kita beruntung kadang ada bagian telur yang bisa dilihat dari luar. Sedang untuk kepiting banci biasanya dipilih karena ukuran yang tidak terlalu besar dan untuk dinikmati seorang diri atau memilih porsi kecil.



Kepiting anyar khas Medan sangat menjamin kebersihan dari kepiting-kepitingnya. Dari 20 menit proses penyajian yang paling lama adalah proses membersihkannya. Karena Kepiting disini dibersihkan dengan sangat teliti dan dengan air yang mengalir. Sehingga didapatkan kepiting siap masak yang bersih dan higienis. Para pembelipun bisa langsung menyaksikan proses pencuciannya. Dalam sehari kepiting yang dihabiskan bisa mencapai 10 hingga 15 kg. Untuk hari Sabtu dan Minggu kadang bisa mencapai lebih dari 20 kg kepiting.



Menu andalan di tempat ini ada lima macam varian. Diantaranya adalah kepiting bumbu saos Padang, kepiting bumbu saos asam manis, kepiting bumbu mentega, kepiting bumbu saos rendang dan kepiting steam. Bagi yang doyan pedas disarankan untuk memilih bumbu saos Padang, karena diantara yang linnya bumbu ini yang paling pedas. Untuk varian harga, per porsi kecil kepiting super Rp. 33.000,- dan kepiting yang mengandung telur Rp. 40.000,-. Sedangkan untuk porsi besar kepiting super (4) dihargai Rp. 60.000,- super (3) Rp. 65.000,- telur Rp. 75.000,- dan untuk super telur Rp. 100.000,- Selain itu ada yang special ukuran jumbo Rp. 7.500 / ons.




Meski spesialis kepiting, bukan berarti tempat makan ini tidak menyediakan menu sea food yang lain. Berbagai olahan ikan, cumi, kerang serta aneka olahan sayur juga disediakan tempat makan yang mulai buka pukul 19.00 hingga pukul 23.00 ini. Ba gi yang malas keluar rumah juga disedikaan jasa pengantaran dengan jumlah minimal pembelian Rp. 50.000,-. Bagi yang tidak suka menunggu lama, para pembeli disarankan terlebih dulu pesan via telepon. Sehingga ketika datang semua menu masakan yang diminta telah disiapkan dan kita tinggal menyantapnya.. Ingin membuktikan kesegaran daging kepitingnya...??? datang saja di Special Kepiting Anyar ala Medan di jalan Manyar no 48. Surabaya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP